Inidia 10 Cara Mencerahkan Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari

Inidia 10 Cara Mencerahkan Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari

Inidia 10 Cara Mencerahkan Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari – Tinggal di negara tropis di mana matahari bercahaya sepanjang tahun membikin Anda rentan terpapar sinar matahari langsung.

Kulit yang mulanya berwarna kuning langsat atau cokelat muda pun dapat menjadi gelap atau gosong karena pengaruh tiap-tiap hari berpanas-panasan. Hampir tiap-tiap orang pernah mengalaminya, apalagi kalau Anda sering beraktivitas di luar ruangan.

Lalu, apa yang menyebabkan kulit gosong apabila sering terpapar cahaya matahari? Bila telah telanjur gosong, bisakah kulit hitam akibat sinar matahari ini kembali ke warna aslinya? Dapatkan jawabannya berikut ini.

Perbedaan kulit terbakar matahari (sunburn) dan hitam gosong dampak paparan sinar matahari

Berada di bawah sinar matahari langsung dapat memberikan pelbagai dampak bagi tubuh, terutama kulit yang menjadi lapisan pertama pelindung tubuh. Kelamaan berada di bawah sinar matahari berisiko menyebabkan kulit terbakar.

Kulit yang terbakar matahari akan berubah berwarna kemerahan. Biasanya hal ini umumnya disertai dengan rasa gatal, panas, atau perih di permukaan kulit.

Beberapa orang bahkan kulitnya akan melepuh. Apabila sengatan mataharinya sangat kuat, anda bisa merasa pusing, sakit kepala, gemetar, hingga demam.

Berbeda dengan kulit yang terbakar matahari, kulit gosong adalah kondisi kulit hitam yang umumnya terjadi secara berangsur-angsur. Semisal, setiap hari Anda berangkat ke kampus atau kantor berjalan kaki atau naik sepeda motor.

Walaupun Anda hanya berada di bawah cahaya matahari selama beberapa menit dan sengatannya tidak begitu kuat, kulit yang tidak terlindungi akan bisa bereaksi.

Kulit gosong umumnya tidak disertai dengan gangguan lain pada tubuh atau kulit. Namun, kulit gosong umumnya akan terlihat lebih kering dan kusam dibanding bagian kulit lain yang tidak terlalu sering terkena sengatan matahari.

Mengapa kulit menjadi lebih gelap bila terpapar sinar matahari?

Mengapa kulit menjadi lebih gelap bila terpapar sinar matahari
https://sewarta.blogspot.com

Sinar matahari terdiri dari tiga jenis radiasi ultraviolet (UV) yaitu UVA, UVB, dan UVC. Radiasi UVC tidak bisa menembus atmosfer Bumi, sementara UVA dan UVB dapat menembus sampai lapisan kulit dan rambut manusia.

Kedua radiasi tersebut berpengaruh buruk pada kulit dan rambut sebab bisa menyebabkan mutasi DNA, menyebarkan radikal bebas, bahkan memicu kanker kulit.

Untuk melindungi tubuh dari UVA dan UVB yang berbahaya, pigmen bernama melanin akan diproduksi untuk menjaga dan melindungi sel-sel yang terganggu oleh radiasi secara khusus dari UVA.

Pigmen melanin yang diproduksi akan merubah warna kulit Anda jadi lebih gelap dan tampak seperti gosong. Hal ini karena pigmen tersebut mempunyai warna dasar yaitu cokelat kehitaman. Karenanya, sebenarnya bukan sinar matahari yang membuat kulit Anda gosong, tapi tubuh Anda sendiri.

Semakin sering Anda terpapar sinar matahari, kian banyak juga sel kulit yang terganggu. Hal ini bisa memicu produksi melanin yang akan melawan efek radiasi UVA.

Mengatasi hal ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Inilah mengapa kulit gosong atau belang baru bisa kelihatan setelah beberapa hari, minggu, atau bulan.

Inidia 10 Cara Mencerahkan Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari

Mencerahkan Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari
https://beautynesia.id

Umumnya kulit Anda yang kena sengatan matahari tidak merata pada semua kulit tubuh, maka kulit anda akan terlihat belang. Untuk beberapa orang, tampil dengan kulit belang dapat memengaruhi kepercayaan diri.

Sedangkan, untuk mencerahkan kembali kulit seperti warna aslinya bukanlah hal yang mudah. Perawatan yang dapat mencerahkan warna kulit biasanya tidak murah dan memakan waktu yang lama.

Tetapi, Anda bisa merawat dan mencerahkan kembali kulit gosong dengan treatment alami di rumah. Walaupun berasal dari bahan-bahan alami, efeknya pun lebih cepat.

Selian itu, harganya juga lebih relatif murah ketimbang membeli berbagai produk kecantikan. Berikut ialah beraneka trik cara mencerahkan dan memutihkan kembali kulit gosong karena sengatan matahari.

  1. Memakai Masker Alami Dari Timun Dan Lemon

Masker Alami Dari Timun Dan Lemon
https://bp-guide.id

Hancurkan timun hingga lembut dalam blender dan campurkan dengan kira-kira 2 sendok air perasan lemon. Sesudah itu, tambahkan sejumput kunyit yang sudah diparut ke dalam campuran adonan tersebut dan aduk sampai rata.

Oleskan pada bagian kulit gosong atau yang sering terpapar sinar matahari. Diamkan selama 20 menit dan bilas bersih dengan air sesudahnya. Timun berkhasiat untuk memberikan efek yang adem serta melawan radikal bebas yang membahayakan sel kulit.

Sementara itu, lemon memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi sebagai pemutih alami untuk mengatasi kulit gosong. Kunyit membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam sehingga kulit Anda akan terlihat lebih cemerlang bersinar.

  1. Memakai Dari Masker Lidah Buaya

Masker Lidah Buaya
https://www.wowmenariknya.com

Lidah buaya menawarkan segudang khasiat untuk kulit, terlebih untuk mengatasi masalah kulit yang terkena sengatan matahari. Anda dapat membeli gel lidah buaya di apotik atau toko kecantikan.

Akan tetapi, sebaiknya untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal gunakan getah atau cairan lidah buaya yang asli. Untuk kulit yang lebih cerah dan lembap, oleskan getah lidah buaya pada kulit gosong Anda dan diamkan selama semalaman, lalu bilas bersih di pagi hari.

  1. Memakai Spirulina Sebagai Masker Alami

Memakai Spirulina Sebagai Masker Alami
https://www.merdeka.com

Spirulina juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bahan alami lainnya, terlebih untuk memutihkan kulit wajah. Selain itu, spirulina juga sangat berguna untuk menjaga kesehatn tubuh karena memiliki segudang kandungan nutrisi yang baik.

Spirulina ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan orang untuk menjaga kecantikannya. Nah, sekarang ini sudah banyak produk spirulina yang beredar dipasaran yang bisa didapatkan dengan mudah.

  1. Memakai Masker Yang Terbuat Dari Susu Dan Oatmeal

Masker Yang Terbuat Dari Susu Dan Oatmeal
https://bp-guide.id

Cara memakainya yaitu campur bubuk oatmeal dan susu segar secukupnya hingga tekstur adonannya lembut tapi cukup padat. Oleskan pada kulit yang terpapar matahari dan diamkan selama kurang lebih satu jam selanjutnya Anda bilas sampai bersih.

Manfaat dari oatmeal dapat menutrisi dan meratakan warna kulit, sementara susu akan membantu menjaga kelembapan alami kulit serta memutihkan kulit yang gosong.

  1. Memakai Gula Sebagai Scrub

Gula Sebagai Scrub
https://tipkecantikan.com

Perlu diketahui, gula juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya yakni untuk meratakan warna wajah yang belang akibat dari cahaya matahari. Kamu bisa memakai gula sebagai scrub saat membersihkan wajah kamu.

Caranya, kamu dapat mencampur gula dengan sedikit air sampai gula menjadi lengket. Sesudah lengket, kamu dapat pakai gula menjadi masker pada wajah dan gosok secara perlahan.

Gula bisa berfungsi sebagai eksfoliator dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan gula juga dapat kamu manfaatkan untuk mencerahkan wajah dan meratakan warna wajah yang belang.

  1. Menggunakan Mentimun Sebagai Masker

Mentimun Sebagai Masker
https://tipkecantikan.com

Manfaat mentimun untuk kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Mentimun mengandung banyak kandungan air di dalamnya. Sehingga sangat bagus untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Bukan hanya itu, buktinya mentimun juga bermanfaat untuk meratakan warna wajah yang belang dampak paparan cahaya matahari.

Caranya yaitu parut mentimun hingga menjadi halus. Kemudian, balurkan parutan mentimun pada wajah yang belang. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan rutin hingga wajah kau kembali cerah.

Selain dapat untuk meratakan warna kulit wajah, terbukti mentimun juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung mata pada area sekitar mata.

  1. Menggunakan Teh Chamomile Sebagai Masker

Teh Chamomile Sebagai Masker
https://food.detik.com

Teh tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Teh juga dapat kamu gunakan untuk kecantikan. Salah satunya yakni teh herbal berjenis chamomile.

Kamu bisa menggunakan teh chamomile sebagai masker untuk meratakan warna kulit wajah yang belang dan juga kulit terbakar dampak paparan cahaya matahari.

Caranya, kamu bisa gunakan kantong teh chamomile yang telah kamu seduh, letakan di dalam lemari es beberapa saat. Bila sudah dingin, gunakan kantong teh tersebut untuk mengompres bagian wajah yang belang atau terbakar cahaya matahari. Bila digunakan secara rutin bisa menerima hasil yang lebih optimal.

  1. Memakai Madu dan Gandum Sebagai Masker

Madu dan Gandum Sebagai Masker
https://lifestyle.sindonews.com

Gandum merupakan salah satu biji-bijian yang mengandung mineral, vitamin, dan karbohidrat kompleks. Gandum dipercaya bisa mengembalikan kecantikan wajah dengan menghilangkan wajah dari noda dan komedo. Bukan hanya itu, gandum juga terbukti bisa membantu kamu untuk mencerahkan kulit wajah.

Caranya ialah kamu dapat mencampur gandum dengan madu, kemudian balurkan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Setelah itu diamkan, kamu juga boleh memijatnya secara perlahan, kemudian bilas. Rutin memakai masker gandum dan madu akan membuat wajah kamu kembali bersinar.

namun, jika kamu bingung mencari bahan-bahannya tersebut kamu bisa membeli produk yang terdapat kandungan tersebut, sehingga dapat memudahkan penggunaan kamu. Nah, produk yang disarankan yaitu vitaline softgels buatan dari perusahaan tiens.

Selain itu, sebaiknya persiapkan kacamata atau topi ketika akan beraktivitas di luar ruangan, supaya wajah kamu tetap sehat terawat.

  1. Menggunakan Tomat Dan Air Perasan Jeruk Nipis

Tomat Dan Air Perasan Jeruk Nipis
https://bp-guide.id

Sangatlah tepat untuk menghilangkan warna kulit yang gelap dampak dari paparan sinar matahari. Buah tomat dan jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi yang diperlukan kulit untuk meregenerasi sel-sel rusak.

Caranya, haluskan buah tomat yang dicampur perasan air jeruk kemudian gunakan sebagai masker tiap pagi sebelum mencuci wajah.

Untuk pertama kalinya campuran ini memang terasa agak perih di kulit. Namun hal ini respon yang wajar karena buah tomat berkerja mengoreksi struktur kulit yang rusak akibat paparan matahari.

Air jeruk nipis bekerja mencerahkan kulit dan sebagai nilai tambah bagi wajah yang berjerawat, air jeruk akan mempercepat penyembuhan. Sesudah menggunakan masker ini selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Dengan penggunaan yang teratur, kulit akan menjadi setingkat lebih cemerlang.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit

Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit
https://www.wajibbaca.com

Selain dapat memutihkan kulit, minyak zaitun bermanfaat untuk mengenyalkan, menghaluskan permukaan kulit, sehingga kulit menjadi nampak awet muda. Untuk memutihkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari, oleskan minyak zaitun dan pijat lembut permukaan kulit supaya sel-sel kulit mati ikut serta terangkat.

Pemijatan pada permukaan kulit dengan minyak zaitun juga dapat menstimulus produksi kolagen. Sesudah melakukan pijatan lembut bersihkan kulit dengan air hangat.

Gunakan dalam beberapa kali pemakaian, kamu dapat melihat adanya perbedaan keadaan kulit yang lebih kenyal, halus, dan bersinar. Gunakan secara teratur sebagai cara untuk memutihkan dan merelaksasi kulit.

Selain itu, agar kulit terhindar dari paparan cahaya matahari, kamu dapat memanfaatkan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV penyebab kanker. Dengan menggunakan bahan alami diatas, kamu dapat tahukan Cara Mencerahkan Dan Memutihkan Wajah Akibat Paparan Sinar Matahari.

Selain itu, memperhatikan pola hidup sehat juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh secara khusus kulit agar terhindar dari penuaan dini. Selamat mencoba!

Sumber :

  • https://hellosehat.com
  • https://www.halodoc.com
  • https://beautynesia.id
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp Chat Sekarang