cara menyamarkan dan menghilangkan bekas luka hitam yang sudah lama

Cara yang paling cepat menyamarkan dan menghilangkan bekas luka hitam pada kulit wajah dan seluruh badan yang sudah lama. Semua orang pasti mempunyai bekas luka. Ada bekas luka yang bisa hilang dengan cepat dan sebagian tidak. Pada biasanya bekas luka membekas ini disebabkan sebab saat luka mengering dan terasa gatal, muncul kemauan untuk menggaruknya dan dampaknya akan menimbulkan bekas luka.

Nah, sebagian besar orang bergantung pada obat-obatan kimia sebagai cara menghilangkan bekas luka. Namun faktanya, sisa luka tersebut dapat hilang dengan lebih baik apabila menggunakan bahan alami.

Ketika anda memiliki luka, baik ringan maupun berat, ketika itu pula anda harus mendapatkan perawatan yang intensif. Karena, sesudah luka kering ternyata memunculkan bekas yang begitu mencolok perhatian.

Karena tidak percaya diri, maka lebih memilih cara praktis dengan obat kimia daripada dengan bahan alami. Namun, menghilangkan bekas luka tidak mesti harus memakai obat-obatan.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang umum ditemui di rumah. Bahan-bahan alami diandalkan dapat menyembuhkan atau menghilangkan bekas luka dengan progres yang terbilang lama.

Akan tetapi, proses yang lama ini lebih bagus daripada cara praktis dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Nah, sebelum dijelaskan mengenai cara menghilangkannya, ada baiknya mengetahui dulu bekas luka yang dapat diobati dengan bahan alami. Coba baca penjelasannya berikut ini.

Dimana Letak Bekas Luka Yang Paling Sering Terlihat

Luka memang tak bisa kita tebak mau berada dimana, namun kita pasti tahu bekas luka yang menempel diarea tubuh mana. Nah, oleh karena itu disini akan dijelaskan beberapa bekas luka yang sering terlihat, sehingga menurunkan kepercayaan diri seseorang.

  1. Bekas Luka Di Tangan

https://www.alodokter.com

Hampir setiap orang memiliki bekas luka yang mereka pikir tidak mau dilihat oleh orang lain. Untuk sebagian orang, bekas luka dapat menjadi cerita yang seru dan menarik. Namun, sebagian orang lainnya merasa risih dengan bekas luka mereka, bahkan menjadi malu.

Apalagi bila bekas luka tersebut terdapat di bagian tubuh yang mudah dilihat seperti tangan. Adanya bekas luka ditangan juga dapat menyebabkan rasa malu sebab kulit tidak mulus lagi.

Hal itulah yang menjadikan banyak orang yang mencari cara menghilangkan bekas luka di tangan. Salah satu cara menghilangkan bekas luka di tangan yakni melalui prosedur operasi.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang enggan melakukannya sebab menganggap cara tersebut terlalu rumit dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lumayan lama. Oleh karena itu, simak selengkapnya disini yang menjelaskan cara menyamarkan dan menghilangkan bekas luka dengan alami.

  1. Bekas Luka Di Kaki

https://www.liputan6.com

Bekas luka di kaki ternyata merupakan bekas yang sulit hilang. Seharusnya ada penanganan tertentu untuk bekas luka di kaki bisa hilang dengan sempurna. Jika Anda ialah pemerhati penampilan dengan atensi untuk memamerkan level kaki, tentu hal ini tentu sangat menggangu.

Biasanya bekas luka yang tidak bisa menghilang ini disebabkan ketika luka mengering dan terasa gatal, maka akan digaruk dan akibatnya menimbulkan bekas luka.

Beberapa orang memakai cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan memakai salep. Banyak merek salep untuk menghilangkan bekas luka di kaki menjanjikan efek samar dengan cepat. Hal itu tidak sepenuhnya benar, karena menghilangkan bekas luka di kaki tentu membutuhkan waktu.

Menggunakan salep memang mudah, namun hasilnya tidak selalu menjanjikan. Selain itu, harga salep untuk menghilangkan bekas luka di kaki tidaklah murah.

  1. Bekas Luka Di Bagian Wajah

https://palembang.tribunnews.com

Bekas luka di bagian wajah merupakan mimpi buruk bagi banyak orang. Karena bekas luka tersebut dianggap akan sangat menganggu penampilannya. Memang, setiap orang pasti menginginkan kulit wajah yang mulus tanpa ada luka setitikpun, baik itu pria ataupun wanita.

Memang, sesuatu yang tidak diinginkan jika mempunyai bekas luka, apalagi terdapat di area wajah. Sedangkan wajah ialah salah satu bagian dalam tubuh yang selalu dilihat pertama kali ketika bertemu dengan orang lain.

Maka tidak heran bila terdapat sebuah bekas luka di wajah yang sulit hilang merupakan hal yang paling membuat dongkol.

Tetapi, hal tersebut susah terjadi karena setiap orang pasti memiliki bekas luka meskipun kecil. Ada banyak hal yang menyebabkan bekas luka di wajah seperti misalnya bekas jerawat, infeksi, peradangan, terbakar, kecelakaan, atau efek pascaoperasi.

Meskipun umumnya bekas luka akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, tetapi ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tidak heran beberapa orang menjalani langkah medis demi dapat menghilangkan atau menyamarkannya.

Anda dapat mengambil langkah medis seperti operasi atau perawatan laser. Ada juga kosmetika atau skin care yang khusus untuk merawat bekas luka. Namun, semua cara tersebut pasti mempunyai efek samping dan resiko tersendiri.

Semisal saja produk skin care yang mengandung bahan kimia. Produk-produk ini tidak baik jikalau digunakan secara rutin. Oleh sebab itu, maka pilihlah cara yang alami untuk mendapatkan kulit yang cerah dan mulus.

  1. Bekas Luka Jahitan

Bekas Luka Jahitan
https://faktualnews.co

Adanya bekas luka jahitan kadang mengganggu penampilan Anda. Seperti bekas jahitan operasi atau bekas jahitan kecelakaan yang kadang terlihat dan rasanya seperti bernanah yang akan tumbuh.

Apalagi, apabila bekas tersebut berada di bagian tubuh yang terlihat seperti di kaki atau yang tidak terlihat sekalipun seperti di perut. Bekas luka jahitan ini semestinya dirawat dengan baik dan dibersihkan setiap hari supaya tidak meninggalkan luka parut.

Tetapi, proses pemulihan kulit tiap-tiap orang berbeda-beda sehingga terkadang ada bekas jahitan atau luka parut pada kulit Anda. Untungnya, ada sebagian cara yang dapat Anda coba untuk memudarkan tampilan bekas jahitan dan mencegah luka parut dalam rentang panjang.

  1. Akibat Dari Luka Bakar

https://www.dagroupplc.com

Hampir semua orang pernah mengalami luka bakar, entah itu sebab air panas, knalpot, atau jilatan api. Terkadang juga, luka ini bisa hilang dalam jangka waktu relatif singkat. Tapi lebih seringnya lagi meninggalkan bekas yang tidak enak diamati mata.

Luka bakar dengan tingkatan dua dan tiga inilah yang umumnya meninggalkan bekas parut sampai tonjolan yang sulit dihilangkan tanpa operasi atau perawatan laser. Namun, bekas luka bakar tingkat satu umumnya cuma mempengaruhi lapisan kulit luar, sehingga lebih kencang memudar.

Bagian kulit yang rusak karena luka bakar akan memproduksi protein yang disebut kolagen. Kolagen diproduksi untuk memperbaiki area kulit yang rusak tersebut.

Nah, ketika memperbaiki, kulit akan menebal dan akan berubah warnanya dari warna asalnya. Inilah yang sering Anda lihat sebagai bekas luka bakar. Lalu bagaimana menghilangkan bekas luka bakar di beberapa bagian kulit badan?

Untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan luka bakar, Anda mesti mengenal dulu seberapa parah luka bakar yang Anda alami seperti yang dijelaskan diatas.

Tidak semua luka bakar bisa diobati tanpa bantuan medis dan tidak segala luka bakar dapat dihilangkan. Akan tetapi, akan lebih baik dilakukan secara perlahan menggunakan bahan alami dan juga langka medis dengan demikian bekas luka akan hilang dengan sendirinya.

Bekas luka (scar) merupakan bagian alami dari proses peyembuhan setelah mengalami cedera. Nah, cara yang bisa membantu mengurangi ukuran dan menyamarkan warnanya tergantung dari bekas luka tersebut. Coba lihat factor yang menjadi pengaruh dalam penyembuhan bekas luka, diantaranya :

  • Kedalaman luka
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Gen
  • Lokasi luka
  • Ukuran luka

Jenis bekas luka menurut para ahli medis

https://palembang.tribunnews.com

Nah, selain dari beberapa macam bekas luka yang disebutkan diatas, menurut dunia medis bekas luka ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Contracture

Contracture merupakan Bahasa medis yang digunakan untuk menyebut luka bakar. Jenis luka bakar inmi menjadikan kulit mengencang dan mengubah elastisitas kulit. Bila sebelum mengalami luka bakar yang dalam, hal tersebut tidak hanya dapat mempengaruhi permukaan kulit, akan tetapi juga dapat mempengaruhi otot dan saraf.

  1. Keloid

Jenis luka bakar ini merupakan hasil dari suatu penyembuhan yang terlalu agresif. Seiring dengan berjalannya waktu, bekas luka jenis keloid dapat menghambat elastisitas kulit.

Umumnya, penyembuhan bekas luka keloid memakai cara operasi, suntikan steroid, atau dengan menggunakan lembaran silicon untuk meratakan bekas luka. Apabila ukurannya kecil, dokter biasanya memanfaatkan krioterapi, yaitu sejenis pembekuan menggunakan nitrogen cair.

  1. Hipertrofik

Bekas luka jenis ini sangat mirip dengan keloid namun tidak melampaui batas cedera atau luka. Jenis ini biasanya dapat diobati dengan suntikan steroid yang berguna unutk mengurangi peradangan atau bisa juga dengan memanfaatkan lembaran silicon untuk meratakan bekas luka.

  1. Bekas luka koreng atau cacar

Koreng dan cacar yang parah biasanya menimbulkan bekas luka, mulai dari kulit berlubang sampai yang tidak terlalu parah berupa noda hitam.

Cara Menyamarkan Dan Menghilangkan Bekas Luka Secara Medis

https://www.hipwee.com/

Dari bekas luka yang anda alami diatas, Anda bisa melakukan cara medis untuk menghilangkannya. Umumnya cara yang digunakan dalam menghilangkan bekas luka akan berbeda-beda, tergantung pada ragam luka dan letaknya. Sebagian cara di bawah ini mungkin bisa menjadi alternative :

  • Dermabrasi

Jika bekas luka anda mempunyai bentuk seperti gumpalan yang padat atau lebih tinggi dari kulit sekitarnya atau menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak rata, Anda bisa memakai cara ini.

Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk mengikis bagian permukaan kulit bekas luka. Dan juga menstimulasi pertumbuhan kulit, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.

  • Mikrodermabrasi

Proses ini umumnya dilakukan kepada bagian luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, garis halus, bintik penuaan, dan wajah kusam. Meskipun demikian, dermabrasi dan mikrodermabrasi hanya bisa dikerjakan oleh dokter kecantikan atau spesialis kulit.

  • Suntikan steroid

Suntikan steroid layak bagi Anda yang mempunyai bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Steroid bisa membantu dalam melunakkan tampilan bekas luka jenis tersebut.

Tetapi, suntikan steroid memerlukan sebagian kali penyuntikan pada bekas luka, dan perlu diulang selama rentang jangka waktu yang cukup panjang, guna meratakan bekas luka tersebut.

  • Laser resurfacing

Laser resurfacing mempunyai cara yang hampir sama dengan dermabrasi. Hal ini memerlukan jangka waktu pemulihan yang lebih singkat dibandingi perawatan dengan jenis laser terdahulu.

Penggunaan laser sekarang ini dalam perawatan tersebut dapat memberikan hasil yang lebih halus. Sebab bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

  • Balut tekan bersilikon

Bila Anda memiliki luka bekas cangkok kulit atau luka bakar besar, Anda dapat memakai balut tekan bersilikon di atas bekas luka. Dengan memakai balut ini, maka bekas luka bisa terlihat rata dan lembut.

Terbuat dari bahan yang elastis dan bisa dikombinasikan dengan lembar gel silikon, balut tekan bersilikon dapat dikenakan 24 jam sehari selama 6–12 bulan. Prosedur ini seharusnya dikerjakan di bawah pengawasan dokter ahli kulit.

Akan tetapi, selain dengan cara menghilangkan bekas luka di atas, Anda juga bisa menghilangkan bekas luka tanpa melalui medis. Namun, cara ini terbilang agak lama, namun hasilnya sangat baik dan juga meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

Cara Menyamarkan Dan Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

https://beautynesia.id

Dengan menggunakan cara alami untuk menghilangkan bekas luka pada kulit merupakan cara yang sangat dianjurkan. Karena tidak memiliki efek samping yang buruk, karena cara ini menggunakan bahan alami sebagai obatnya. Nah, apasaja bahan alami tersebut, coba baca ulasan berikut.

1. Jeruk nipis/Lemon

Jeruk nipis/lemon kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan dapat jadi metode menghilangkan bekas luka di kaki yang menghitam.

Bukan itu saja, dalam kandungan jeruk nipis/lemon juga kaya akan kandungan asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka akan memudar seiring dengan waktu.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami yang pertama ini mudah saja. Berikut langkah-langkahnya :

  • Belah buah jeruk menjadi dua bagian
  • Oleskan pada kulit secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

2. Madu

https://palembang.tribunnews.com

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya adalah madu. Madu bisa mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel kulit mati.

Berikut cara dan langkah- langkahnya :

  • Ambil 1 sdm madu
  • Oleskan pada bekas luka di kaki
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

3. Putih Telur

Putih telur dipercaya kaya akan protein dan sumber mikronutrien yang dapat dipakai sebagai cara menghilangkan bekas luka dengan cepat.

Berikut caranya:

  • Pisahkan putih telur dari kuning telor
  • Oleskan putih telur pada bekas luka
  • Untuk menghindari bau amis, anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis maupun lemon

4. Lidah buaya

https://lifestyle.kompas.com

Memang, kita lebih mengenal bahwa lidah buaya berguna untuk merawat rambut dan juga mencerahkan kulit. Lidah buaya juga dapat dipakai sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami.

Cara menghilangkan bekas luka memakai lidah buaya cukup mudah :

  • Ambil gel lidah buaya
  • Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih

5. Menggunakan Vitamin E

Vitamin E memiliki nutrisi yang sangat tepat untuk kulit. kandungan dalam Vitamin E dapat membantu meregenerasi sel dalam kulit. Sehingga, mempercepat proses penyembuhan bekas luka. Mengkonsumsilah Vitamin E secara teratur hingga kulit Anda membaik.

Vitamin E bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari kapsul sampai minuman. nah, produk yang sangat disarankan untuk dikonusmsi yaitu vitaline softgels tiens. karena produk ini memiiliki kandungan vitamin E yang sanngat tinggi, sehingga membantu mempercepat dalam menghilangkan bekas luka.

6. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan tinggi mineral dan vitamin yang sangat penting untuk digunakan dalam menghilangkan bekas luka hitam dengan cepat.

Berikut cara menghilangkan bekas luka secara alami dengan memakai mentimun :

  • Iris mentimun tipis-tipis
  • Tempelkan pada semua wajah
  • Diamkan selama 30 menit
  • Basuh dengan memakai air bersih

7. Mengkudu

https://palembang.tribunnews.com

Buah mengkudu memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat dipakai sebagai metode menghilangkan bekas luka hitam dengan cepat.

Berikut caranya:

  • Haluskan buahnya lalu masak
  • Oleskan pada bekas luka Anda

8. Teh Hijau

Anda mungkin terkejut jika rupanya teh hijau juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam. Manfaat teh hijau memang banyak terutama untuk kesehatan.

Tidak ada salahnya Anda juga mencoba mengaplikasikan teh hijau sebagai metode menghilangkan bekas luka. Berikut caranya:

  • Pakai ampas teh hijau
  • Gosokkan pada bekas luka
  • Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka langsung menghilang

9. Air kelapa

https://health.detik.com

Membasuh bekas luka yang hitam dengan menerapkan air kelapa terbukti cukup manjur untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

Berikut caranya:

  • Siapkan air kelapa secukupnya
  • Pakai air kelapa untuk membasuh bekas luka anda
  • Biarkan beberapa menit
  • Bilas dengan air bersih

10. Minyak zaitun

Zat dalam minyak zaitun yaitu linoleic acid yang bisa membantu memudarkan bekas luka hitam. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang menolong melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:

  • Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdm madu.
  • Campur keduanya menjadi satu.
  • Oleskan pada bekas luka anda.

11. Daun Jarak

https://hijaukan.com

Daun jarak juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami dan cepat.

Berikut caranya:

  • Siapkan sebagian lembar daun jeruk, kemudian direbus.
  • Usapkan air rebusan daun jarak pada bekas luka tersebut.

Nah, dengan membaca ulasan diatas, tentunya anda sudah tahukan bagaimana cara menyamarkan dan menghilangkan bekas luka hitam yang sudah lama. Semoga bisa bermanfaat yaa..

Sumber :

  • https://klinikkecantikan.co.id
  • https://www.alodokter.com
  • https://www.liputan6.com
  • https://www.99.co

Konsultasi & Pemesanan Klik Nama CS Kami ya... (Whatsapp otomatis)

Chat dengan kami via WhatsApp
DAPATKAN HARGA PROMO HARI INI !KLIK DISINI WA OTOMATIS